Rabu, 12 Oktober 2011

Minyak Goreng Panas Obat Penyakit Eksim

Sejak Juni 2011 sepulang dari Arab Saudi saya menderita penyakit Eksim. Berbagai obat salep dicoba mulai dari Bactoderm, Canesten, hingga Colomack. Semua tidak mempan. Ke Dokter meski sudah diberi obat (yang bikin ngantuk)  tidak sembuh juga.


Akhirnya kebetulan saat ke Cimanggis, ada nenek-nenek tua usia 73 tahun yang mengobati dengan minyak kelapa yang dipanaskan. Ronceng (kain/kaos) dia bakar dengan lilin. Kemudian dicelupkan ke minyak kelapa. Setelah itu dioles-oleskan ke kaki yang terkena eksim hingga merata. Di atur agar kita tidak terlalu kepanasan hingga terbakar. Jangan pula terlalu dingin sehingga kuman-kumannya tidak mati.


Setelah itu dikerik dengan uang logam kulit matinya. Dia ajari itu agar dirumah langkah seperti itu diulangi. Boleh pakai minyak goreng seperti Bimoli. Yang penting harus panas.


Ada juga pantangan makan yang harus dihindari seperti telor, ikan laut seperti Bandeng, Tongkol, dsb. Ikan Mujair juga tidak boleh katanya.


Di rumah, saya ulangi cara itu. Cuma minyak gorengnya saya taruh di atas penggorengan sekitar 3 sendok makan.  Api gas saya nyalakan kecil saja. Setelah panas, serbet saya celupkan. Kemudian saya oles-oleskan ke kaki yang terkena eksim. Alhamdulillah sekitar 1 minggu, bekas eksim mulai menghilang. Begitu pula gatalnya.


Tapi ternyata entah karena saya makan pantangan seperti mie ayam, penyakit eksimnya tidak sembuh tuntas. Akhirnya saya oleskan dengan obat salep Inerson Desoximetasone 2,5 mg dengan tipis merata. Alhamdulillah dalam waktu sekitar seminggu penyakit eksimnya sembuh. Mudah-mudahan sembuh seterusnya.

7 komentar:

  1. Kapan saat nya dikerik pk logam kulit matinya?pengolesan minyaknya 1hr brp x? Thx

    BalasHapus
  2. Kalau kulit matinya memang benar2 sudah mengelupas baru dikerik.
    Yang penting jangan sampai kulit kita berdarah.
    Pengolesan bisa pagi dan malam hari. Atau jika gatalnya kambuh.

    BalasHapus
  3. Informasi yang sangat menarik dan bermanfaat tentang pengobatan penyakit eksim, terimakasih. Kunjungi blog herba therapy-ku juga yaaa…

    BalasHapus
  4. Minyak nya itu dipanas kan 1 sendok makan gt yah?

    BalasHapus
  5. bleh tau nmr hp nya???jd bs skalian konsultasi,ngobrol2,,nmer saya 081904465659..tolong d sms k saya ya...

    BalasHapus
  6. terimah kasih atas saranya.,,ini emang bener bener ...mengurangi gatal gatal tersebut ...oh ia gimana hilangin noda bekas gatal tersebut yang warna merah......

    BalasHapus
  7. ASslkum. .makash ilmu ny.
    sya pnya kakak,sma jg pnya pnykt exsim..sekarang malah timbul lagi di tempat yang baru..bikin kesl gak sembuh2..
    exsim ada kaitan nya gak ya sma faktor psikis ?

    BalasHapus