Kamis, 03 Mei 2012

Hutan Kalimantan yang Semakin Gundul


Di Indonesia sistemnya TEBANG HABIS. Tak heran luas hutan Kalimantan dan Sumatera makin susut mengikuti Jawa. Di Norwegia/Finlandia sistemnya tebang pilih. Itu pun setelah sebagian ditebang (tidak sampai gundul), mereka pindah ke tempat lain memberi kesempatan lahan yg ditebang untuk tumbuh kembali pohon2nya seperti semua. Setelah pindah ke beberapa tempat selama beberapa tahun, baru mereka balik lagi ke tempat yang sama setelah pohonnya besar lagi.




Selain hutannya ditebang, bukit-bukit di Kalimantan "dikelet" dan dikeluarkan isinya untuk dijual sebagai batubara oleh berbagai perusahaan batubara. Sehingga hutan dan sungainya benar-benar hancur.

Hutan di Kalimantan yang sebelumnya 95% lebih, sekarang kurang dari 40% saja.

Ini satu tulisan yang menarik yang selengkapnya bisa dilihat di:

http://ridhanu.wordpress.com/2010/08/02/foto-terbaru-hutan-tropis-indonesia/
ini foto pulau kalimantan yang diambil dari google earth.disini bisa dilihat dan menjadi bukti pulau kalimantan sudah tidak se “hijau” dulu lagi.

setelah kita zoom di pulau kalimantan,mulai terlihat kemana hilangnya hutan di pulau tersebut.

inilah hutan kalimantan sekarang.tragis bukan? foto ini diambil pada tanggal 6 juni 2010 dari udara oleh aktivis green peace,aktivis yang mengecam aksi pengrusakan hutan di dunia ini.

foto yang diambil agak jauh memperlihatkan seberapa besar hutan kalimantan yang hilang.

foto ini menunjukkan sebagian kecil dari pengrusakan hutan di kalimantan yang dilakukan oleh perusahaan industri disana.bagaimana reaksi agan2 sekalian?

terlihat jelas di foto ini sebuah alat berat sedang meratakan pohon pohon yang tinggal sedikit,tanpa rasa ampun demi hanya mendapatkan uang.

ini foto dari sudut lain penebangan hutan di kalimantan.benar benar dibabat habis!

dan inilah yang terjadi dengan satwa eksotik khas indonesia “orang utan”,kehilangan habitatnya dan jadi buruan untuk diperjual belikan.

2 komentar:

  1. astagfirullah aladzim....,smoga ALLAH mmbalas prbuatan2 mreka yg keji dan rakus dngan stimpal dan keras

    BalasHapus
  2. menyedihkan

    BalasHapus