Senin, 29 November 2010

Tips Agar Email (Yahoo/Gmail/dsb) tidak Dibajak

Paling tidak ada beberapa orang yang emailnya dibajak. Si pembajak email tsb akhirnya memakai email tsb guna meminta uang kepada orang-orang yang ada di daftar alamat kontak (Address Book) email yang dibajak.


Berikut adalah tips agar email kita tidak dibajak:


1. Yakinkan bahwa anda login di website/situs penyedia email yang benar, misalnya: yahoo.com, gmail.com, dsb. Bukan di situs yang disediakan pembajak misalnya: bukanyahoo.com meski tampilannya sama persis dengan tampilan Yahoo karena itu bisa ditiru.


2. Jangan pernah memberi tahu email dan password anda ke orang lain meski dengan iming-iming hadiah uang. Jangan pernah juga login mengisi username dan password anda di website lain.


3. Selesai memakai email, segeralah untuk logout agar tidak dibajak orang.


4. Jangan sembarang menambah teman Yahoo Messenger (YMID) yang tidak anda kenal. Apalagi jika namanya asing/aneh. Jika status online anda terlihat, email Yahoo anda bisa dibajak.


5. Jika pakai YM, sebaiknya anda pakai mode Invisible agar lebih aman


6. Gunakan password minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf dan angka agar lebih sulit untuk dibongkar. Jika angka saja, maka cuma 10 kombinasi untuk untuk 1 karakternya. Jika huruf, ada 26. Tapi jika huruf dan angka, maka ada 36 kombinasi.


7. Sebaiknya password diganti setiap bulan. Sebaiknya dikaitkan dengan bulan/beraturan agar anda tetap ingat.


8. Jangan gunakan password yang mudah ditebak misalnya nama atau tanggal lahir anda. Gunakan yang lain meski anda tetap bisa mengingatnya.


9. Jika anda memakai Facebook, hindari aplikasi atau software lain yang meminta anda untuk mengisi nama dan password. Sebab jika ternyata tidak aman, ID anda bisa dicuri orang.


10. Sebaiknya email pribadi anda dipisahkan dengan email yang digunakan untuk umum di milis-milis. Jadi lebih aman.


11. Sebaiknya hindari warnet atau tempat-tempat umum untuk membuka email anda.

1 komentar: