Kamis, 10 Maret 2011

Cara Upgrade WRT54GL dengan DD-WRT




by haybat

Linksys WRT54GL, sebuah router handal yang menurut datz memiliki performa yang baik, berikut stabilitasnya dan performa yang cukup bisa diandalkan akan menjadi sebuah router murahan dengan stock firmware, nah, trus gimana biar memaksimalkan router ini? yapp,,, caranya update dengan DD-WRT, datz sndri make DD-WRT…

datz make router WRT54GL DD-WRT dan pake 2 node WDS, repeaternya pake TP-LINK TL-WA5110G yang menurut datz cukup sensitif juga penerimaan sinyalnya…

nah, sekarang bagaimana cara mengupgrade WRT54GL dengan stock firmware jadi DDWRT?

yok… cekidot…

 

Pasang MINI atau MICRO buat router ini pertamakali, jika Anda upgrade dari stock Linksys firmware – konsekuensi dari tidak mengikuti saran ini dapat SANGAT BERBAHAYA! Kemudian Anda dapat meng-upgrade ke STANDAR, VOIP atau versi VPN, sesuai dengan kebutuhan Anda. JANGAN mencoba untuk memuat MEGA build kedalam router ini. MEGA build terlalu besar untuk router ini! oke!

Tanya: Mengapa saya tidak dapat langsung meng-upgrade dari stock Linksys firmware untuk DD-WRT selain MIKRO atau MINI?

Jawab: Firmware stock dari Linksys WRT54GL pada v1 dan 1,1 tidak akan menerima firmware lebih dari 3MB dalam ukuran file nya (Anda akan mendapatkan Error: “Upgrade Failed”! Jika Anda mencoba). Jadi Anda harus flash versi mikro atau mini DD-WRT ke router SEBELUM standar, voip, dan versi VPN. Pastikan untuk hard reset router anda untuk mengembalikan default firmware baik SEBELUM DAN SETELAH Anda meng-upgrade ke DD-WRT mikro atau mini.

Tanya: Mengapa saya tidak dapat memuat MEGA build firmware?

Jawab: WRT54GL cuma punya 4MB untuk flashing firmware, tidak cukup ruang untuk mega build. Jika Anda mencoba untuk memuat mega build ke router ini, Anda dapat mengubah router anda menjadi batu bata! atau LEMBIRU (LEMpar BelI baRU)

Proses instalasi dari firmware Linksys

1. Lakukan hard reset

Anda dapat melakukan HARD RESET dengan menekan tombol reset di bagian belakang router selama 30 detik, lalu tarik kabel listrik selama 30 detik sementara MASIH menekan tombol reset, dan kemudian menghubungkannya dengan kabel listrik selama 30 detik-detik terakhir sementara MASIH memegang tombol reset. Anda tekan terus tombol reset untuk 90 detik tanpa melepaskannya. Lalu lepaskan tombol reset dan tunggu router (untuk menyelesaikan melakukan apa saja yang akan dilakukannya.) Biasanya lampu WLAN akan nyala di dekat terakhir di urutan boot. Kadang-kadang,  lampu POWER akan terus berkedip selama beberapa waktu. setelah Anda yakin router telah melakukan hal tersebut, coba cek siklus power router, dengan mencabut dan replugging konektor daya di bagian belakang router. Tidak perlu menunggu antara mencabut dan replugging.

2. Download dan instal MIKRO atau MINI build

Anda harus memeriksa MD5 Hash firmware setelah download. Matikan dan nonaktifkan firewall Anda, matikan dan nonaktifkan antivirus Anda, dan Anda sign in ke linksys router dengan Internet Explorer, ** JANGAN ** GUNAKAN FIREFOX (Mac users: menggunakan Safari sebaiknya daripada Firefox), dan menggunakan web upgrade firmware interface untuk memperbarui router Anda dengan DD-WRT. JANGAN menutup browser Anda, JANGAN mengganggu proses tersebut, dan HARUS SANGAT BERSABAR, bahkan setelah firmware yang sudah terupgrade. Tunggu sekitar 5 menit, dan pastikan sudah sempurna. Router membutuhkan waktu untuk membangun kembali NVRAM setelah menyala, dan jika Anda mengganggu ini, Anda akan menyesal karena ngrusak router anda!

3. Putuskan apakah Anda ingin tetap memakai versi MICRO atau MINI, atau upgrade ke STANDAR, VOIP, atau versi VPN. JANGAN mencoba untuk memuat MEGA build. Jika Anda ingin memakai MIKRO atau MINI, Anda selesai sampai disini…, jika tidak, lanjutkan untuk upgrade ke versi STD, VOIP, atau VPN

Jika Anda tidak akan membutuhkan fitur-fitur pada versi yang lebih besar seperti standar, Anda mungkin dapat meningkatkan respon dari router Anda dengan mendapatkan versi terkecil yang mencakup fitur yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda selalu dapat memperbarui ke versi yang lebih besar nanti jika suatu saat Anda memerlukan fitur tambahan.

4. Lakukan hard reset
5. Instal versi DD-WRT Anda inginkan (sekali lagi, Anda benar-benar tidak dapat menggunakan MEGA …)
6. Lakukan hard reset

Troubleshooting

Jika Anda membuat kesalahan dengan tidak upgrade dengan versi MINI atau MICRO pas pertama mengupgrade firmware, Anda akan dihadapkan dengan sebuah router yang memiliki LED power berkedip. Anda akan dapat melakukan ping router, tetapi tidak akan dapat mengakses web interface. Anda kemudian harus TFTP (mengeflash ulang) firmware LINKSYS (BUKAN DD-WRT firmware) kembali ke router untuk menyelamatkannya. Anda dapat menghubungkan modem Anda langsung ke komputer Anda, dan download firmware Linksys dari situs Linksys. Setelah Anda telah menyelamatkan router Anda dengan Linksys firmware, Anda dapat mencoba upgrade ke DD-WRT lagi (jika Anda masih mau untuk itu!). KALI INI, gunakan mikro atau versi mini!

oke…

selamat mencoba dan semoga berhasil…

pesen datz, yang sabar dan banyak berdoa…

ditunggu yaa komennya dan sharingnya disini…

salam dari datz a.k.a sadatz haybat kannaby…

http://haybat.wordpress.com/2010/07/25/cara-upgrade-wrt54gl-dengan-dd-wrt/


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar