Senin, 29 September 2014

Saya Tak Suka Berdebat


Ada seseorang yang mencela saya karena memblokir "Ustadnya" yang mengajak saya "DEBAT"... :)

Bagi saya debat itu kurang baik karena Allah dan Rasul melarangnya:

Larangan berdebat agar ummat Islam tidak berbantah-bantahan dan jadi lemah serta penakut:

“Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” [Al Anfaal 46]

Nabi bersabda:
“Bacalah Al-Qur`an selama hati-hati kalian masih bersatu, maka jika kalian sudah berselisih maka berdirilah darinya”. [Shohihain]


Dan dalam Al-Musnad dan Sunan Ibnu Majah –dan asalnya dalam Shohih Muslim- dari ‘Abdullah bin ‘Amr :

“Sesungguhnya Nabi SAW pernah keluar sedangkan mereka (sebagian shahabat-pent.) sedang berselisih tentang taqdir, maka memerahlah wajah beliau bagaikan merahnya buah rumman karena marah, maka beliau bersabda : “Apakah dengan ini kalian diperintah?! Atau untuk inikah kalian diciptakan?! Kalian membenturkan sebagian Al-Qur’an dengan sebagiannya!! Karena inilah umat-umat sebelum kalian binasa”.

Bahkan telah datang hadits (yang menyatakan) bahwa perdebatan adalah termasuk dari siksaan Allah kepada sebuah ummat. Dalam Sunan At-Tirmidzy dan Ibnu Majah dari hadits Abu Umamah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda :

“Tidaklah sebuah kaum menjadi sesat setelah mereka dulunya berada di atas hidayah kecuali yang suka berdebat, kemudian beliau membaca (ayat) “Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja””.
Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2013/01/09/jangan-berdebat/

Bukan berarti saya tidak bisa / tidak berani berdebat. Jika Islam dihina oleh orang2 kafir, baru saya tertarik untuk mendebatnya bahwa Islam itu sesungguhnya tidak begitu. Tapi Islam itu mulia. Sehingga banyak juga orang2 kafir yang akhirnya sadar. Bahkan saya akhirnya mendapat undangan dari Mike Horton, co-founder dari Yabberz Inc untuk memberi komentar2 politik di situ.

Jika kondisi darurat dan mengharuskan saya debat demi Allah dan demi Islam, Doktor2 dari Barat atau Yahudi pun saya libas dalam debat tsb meski harus berbahasa Inggris.

Cuma itu pun sekedarnya. Cukup 2-3 kali saja. Setelah itu, tinggalkanlah orang yang ngeyel bin ngeyel. Sebab akhirnya debat tidak akan pernah berakhir.

Agama itu meski sedikit untuk diamalkan. Bukan jadi bahan perdebatan. Tidak pantas ada "Ustad" debat di Facebook... :) Apalagi dgn saya yang cuma Blogger ini... :)

“Aku akan menjamin sebuah rumah di dasar surga bagi orang yang meninggalkan debat meskipun dia berada dalam pihak yang benar. Dan aku menjamin sebuah rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta meskipun dalam keadaan bercanda. Dan aku akan menjamin sebuah rumah di bagian teratas surga bagi orang yang membaguskan akhlaknya.” (HR. Abu Dawud dalam Kitab al-Adab, hadits no 4167]

Undangan Diskusi di Yabberz
Mike Horton
Hi Agus,
I am the co-founder of Yabberz Inc., because I really like political comments and like to get a pulse on what people are saying. I hope that you get a chance to check it out on http://www.yabberz.com and like us on Facebook at http://www.facebook.com/yabberz. Your smart comments that you write online was what appealed to me about your profile! I hope to learn more about you thru your political views and comments. 
Pleasure meeting you.
Warm Regards,
 Mike Horton 
CEO of Yabberz
http://agusnizami.com/2014/08/15/undangan-diskusi-di-yabberz/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar